Kawasan Perkantoran Digital Hub Akan Hadir di BSD City

19 May 2017

Sinar Mas Land kembali mengepakkan sayapnya di dunia properti | PT Kontak Perkasa Futures Cabang Makassar

 

 

Seperti Huawei, Apple Research and Development Center, MyRepublic, Sale Stock, Orami, evhive Purwadhika, GeeksFarm dan Plug and Play telah hadir di BsD City dan akan berkantor di Kawasan Digital Hub pada tahun 2019 mendatang,” katanya.

Nantinya, para pelajar yang ada di GeeksFarm dan Purwadhika Coding School akan turut berpartisipasi dalam pembangunan Digital Hub yang didedikasikan untuk menjadi rumah bagi komunitas-komunitas digital mulai dari start up, technology leaders, dan institusi institusi pendidikan berbasis IT dan Science lainnya.

“Sinar Mas Land percaya bahwa dengan kehadiran institusi-institusi pendidikan berbasis IT di BSD City semakin menambah kemajuan transformasi kota satelit ini ke arah intergrated smart digital city,” tungkasnya.

Pembangunan infrastruktur Digital Hub sendiri dimulai pada 2017 ditargetkan akan 2019 mendatang,” ungkapnya.

Selain itu, kawasan Digital Hub Digital Hub akan dikembangkan dengan konsep mixed use yang terdiri atas fasilitas, sarana dan prasarana bisnis, retail dan lifestyle. Keberadaan berbagai fasilitas, sarana dan prasarana tersebut memperkuat peran Digital Hub sebagai lokasi sentra usaha dan tempat strategis bagi perusahaan teknologi, start up companies, dan komunitas digital saat ini berbagai tenant di bidang IT.

“Diharapkan kehadiran Digital Hub dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri berbasis IT dan Teknologi Digital, mengingat saat ini Pemerintah Indonesia juga sedang fokus untuk mendorong pertumbuhan industri,” ujar Michael Widjaja Group CEO Sinar Mas Land, saat Ground Breaking.

Sehingga, keberadaan kawasan Digital Hub kedepannya akan mempercepat terbentuknya ekosistem berbasis IT dan Teknologi Digital seperti di Silicon Valley, Amerika Serikat. Ditambah akses transportasi Digital Hub sangat strategis yang berada di selatan Jakarta dan berdekatan dengan bandara internasional Soekarno-Hatta.

Sinar Mas Land kembali mengepakkan sayapnya di dunia properti. Kali ini, pengembang raksasa tersebut menggarap kawasan perkantoran seluas 25,86 Hektar di BSD City, Tangerang.

Kawasan perkantoran yang bernama Digital Hub merupakan kawasan start up company, tech leader, dan komunitas digital. Peletakan batu pertama sudah berlangsung, Kamis (18/5/2017).

Inovasi Sinar Mas Land dalam menjawab kebutuhan akan kawasan yang memiliki infrastruktur teknologi, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multi akses pembangunan Digital Hub menelan biaya hingga Rp7 triliun.

Apple Bangun Pusat Riset di Kawasan ‘Silicon Valley’ Serpong | PT Kontak Perkasa Futures Cabang Makassar

 

Secara umum, Irawan menjelaskan kawasan Digital Hub ini juga akan menyediakan research center, institusi pendidikan dengan jurusan teknologi/IT dan kreatif. Selain itu, dilengkapi juga dengan beragam tipe usaha yang berkaitan dengan teknologi kreatif seperti animasi dan 3D.

Keberadaan berbagai infrastruktur itu untuk mendukung Digital Hub di wilayah sekitar, sebagai lokasi sentra usaha dan bisnis impian bagi perusahaan teknologi, start up, dan komunitas digital.
“5000 square meter nanti disediakan untuk special facility, karena start up itu punya ide tapi sulit berkembang, makanya kita kasih insentif beli itu beberapa alat investasi kaya 3D printing misalnya, terus kita taruh di beberapa square meter tadi yang start up bisa berkantor di situ dan bisa sewa alat itu,” paparnya.

Kawasan Digital Hub ini dilengkapi dengan koneksi fiber optic. Selain itu, akses ke wilayah BSD City juga mudah karena ditunjang 2 jalur tol utama yaitu Kebon Jeruk dan Pondok Indah (Toll JORR W2).

“Digital Hub ini akan dikembangkan dengan konsep mixed use yang terdiri atas fasilitas, sarana dan prasarana bisnis, retail dan lifestyle,” timpal Digital Hub Project Leader Irawan Harahap.

“Dengan masuknya Apple Research and Development Center kita agak lega karena udah dapat tenant yang agak besar, solidify dan anchor Digital Hub ini,” ungkap CEO Sinar Mas Land Plaza, Michael Widjaja saat menggelar groundbreaking Digital Hub BSD City, di kawasan Serpong, Tangerang, Kamis (18/5).

Selain Apple, beberapa perusahaan teknologi dan start up juga sudah memesan tempat di kawasan Digital Hub. Seperti Huawei, MyRepublic, Sale Stock, Orami, evhive, Purwadhika, GeeksFarm dan Plug and Play.

Pengembang properti, Sinar Mas Land, hari ini melakukan groundbreaking pembangunan pusat perkantoran yang dikhususkan untuk para start up dan perusahaan berbasis IT di kawasan BSD City. Mereka memberi nama kawasan Digital Hub dan digadang-gadang akan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia.

Meskipun masih groundbreaking, ada beberapa perusahaan teknologi dan IT yang sudah memesan kawasan dengan nilai investasi mencapai Rp 7 triliun tersebut. Salah satunya adalah Apple. Apple akan membangun sebuah tempat riset atau pusat inovasi di kawasan ini.

 

Sinar Mas Land Gelar Groundbreaking Pembangunan Kawasan Digital Hub | PT Kontak Perkasa Futures Cabang Makassar

 

“Kami berharap agar jumlah tenant di kawasan Digital Hub terus bertambah seiring dengan telah hadirnya sejumlah perusahaan berbasis IT dan teknologi digital terkemuka di kawasan BSD City ini,” ujar Michael.

Sebelumnya, ada juga perusahaan penyedia layanan internet asal Singapura, MyRepublic serta perusahaan IT dan perangkat lunak PT Walden Global Service (WGS Hub) yang turut hadir di kawasan yang digadang-gadang bakal menjadi seperti Silicon Valley – Amerika Serikat.

Acara groundbreaking Digital Hub BSD City ini juga turut dihadiri oleh perwakilan pemerintah di antaranya Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf; Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar; Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan dan segenap jajaran manajemen Sinar Mas Land.

Selain akan membangun gedung bagi para perusahaan IT dan startup, nantinya juga akan ada alokasi tempat yang digunakan untuk sektor pendidikan seperti universitas hingga sekolah yang fokus terhadap teknologi. Salah satunya, Purwadhika Start up & Coding School yang sudah eksis tahun ini.

Adapun beberapa perusahaan teknologi informasi (IT) dan digital kesohor dunia seperti Apple dan Huawei sampai institusi pendidikan terkenal, telah menyatakan akan bergabung di kawasan tersebut.

Beberapa perusahaan tersebut telah menyatakan komitmennya untuk masuk kawasan Digital Hub.

CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja mengungkapkan, pembangunan kawasan Digital Hub di BSD City ini akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal (2017-2019), dana yang digelontorkan mencapai Rp 5-7 triliun yang berasal dari internal funding.

“Dalam membangun tentunya enggak bisa langsung jadi, ada tahap-tahapnya. Untuk tahap awal dananya sekitar Rp5-7 triliun,” ujar Michael di acara press conference ditempat yang sama.

Kamis (18/5/2017), pengembang Sinar Mas Land melakukan prosesi peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan kawasan Digital Hub di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang.

 

PT Kontak Perkasa Futures

 

 

 

 

 


TAGS PT Kontak Perkasa Futures PT Kontak Perkasa Kontak Perkasa Futures Ekonomi Bisnis


-

PT Kontak Perkasa Futures


Follow Me